Ada Isu Rasisme Dalam Skuat Timnas Prancis untuk Euro 2016

FrancePendapat itu dituturkan oleh salah seorang Legenda Les Bleus dan Manchester United, Eric Cantona. Disebutnya bahwa Pelatih Didier Deschamps enggan memilih pemain Prancis dengan darah Campuran, seperti Benzema dan Ben Arfa.

Pemilih 23 nama pemain yang masuk dalam skuat final Tim Nasional Prancis untuk Euro 2016 mendatang oleh pelatih Didier Deschamps diselimuti oleh isu rasisme, demikian menurut salah seorang legenda Les Bleus, Eric Cantona. Sebagai informasi, Tim Nasional Prancis yang akan menjadi tuan rumah dalam Turnamen Empat tahunan tersebut memang telah merilis 23 nama yang masuk dalam skuat final mereka untuk ajang yang dimaksudkan. Dari 23 nama pemain, tidak ada nama dua bintang yang bersinar di Level Klub pada kampanye musim 2015/16 kemarin, mereka adalah Hatem Ben Arfa dan Karim Benzema. Padahal, kedua pemain ini bermain cukup bagus, masing-masing bersama Lyon dan Real Madrid.

Pencoretan Benzema, sebagaimana yang telah dijelaskan adalah disebabkan karena keterlibatan sang pemain 28 tahun dengan kasus pemerasan Mathieu Valbuena. Namun, Cantona memiliki pandangan yang berbeda, terkait pencoretan Benzema dan Ben Arfa.

”Benzema adalah sosok pemain yang hebat, begitu juga dengan Ben Arfa, namun Deschamps, dia memilih para pemain yang benar-benar berdarah Prancis. Mungkin, dia adalah satu-satunya di Tim Nasional Prancis yang memiliki darah Prancis Sejati, tidak seorang pun diantara keluarganya yang bercampur dengan darah dari negara lain”

”Jadi, saya sendiri tidak terkejut, dia memanfaatkan situasi Benzema untuk mencoretanya. Terutama setelah Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, beranggapan bahwa Benzema harusnya tidak pantas membela Timnas Prancis”

”Sedangkan Ben Arfa, menurut saya dia adalah pemain terbaik di Prancis sekarang ini, sialnya bagi mereka karena punya darah campuran, saya pribadi sepakat untuk memiliki pandangan seperti itu”

”Satu hal yang jelas adalah Benzema dan Ben Arfa adalah dua pemain terbaik di Prancis yang tidak akan bermain di Euro, karenanya jelas, Benzema dan Ben Arfa, mereka punya darah Afrika Utara” Kata Cantona.

Leave a Reply