Harry Kane Tegaskan Inggris Pulang Dengan Kepala Tegak

Saat para fans Inggris merasa bahwa ini adalah saat yang tepat untuk ‘membawa pulang’ sepakbola pada rumahnya, Tim Arahan Gareth Southgate justru gagal melenggang ke Final usai disingkirkan Kroasia lewat babak perpanjangan waktu. Tentu ini sangat mengecewakan, namun striker sekaligus kapten Harry Kane menegaskan bahwa rekan-rekannya pulang dengan kepala tegak.

Harry Kane Tegaskan Inggris Pulang Dengan Kepala Tegak

Pada pertandingan yang berhasil di Samara Arena, Kamis dinihari WIB (12/7) waktu setempat tersebut, Tim Nasional Inggris pada awalnya berhasil unggul cepat lewat gol tendangan bebas Kieran Trippier. Tapi, Kroasia kemudian mampu menyamakan kedudukan di tengah-tengah gempuran The Three lions lewat tandukan Dejan Lovren.

Skor imbang 1-1 bertahamn sampai 90 menit, sehingga wasit kembali menunjuk garis kick off karena laga harus dilanjutkan lewat babak perpanjangan waktu 2×15 menit untuk menentukan siapa pemenangnya. Kroasia kemudian berhasil berbalik unggul lewat sepakan mendatar Mario Mandzukic, dimana skor 2-1 kemudian bertahan sampai laga usai, Kroasia lolos ke Final untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sedangkan Inggris, mereka kembali gagal melaju ke Partai puncak dan harus memupus mimpi juara untuk pertama kali sejak terakhir dilakukan pada tahun 1952 silam. Tentu saja ini mengecewakan, apalagi Inggris tinggal butuh satu langkah lagi untuk mencapai laga puncak. Striker Harry Kane juga tidak bisa memungkiri kekecewaan yang dia rasakan, tapi Inggris tetap pulang dengan kepala tegak.

“Ini sulit, kami frustrasi, kami bekerja begitu keras, para fans amat luar biasa, itu adalah pertandingan sulit, itu adalah duel yang sangat seimbang. Saya percaya, ketika melihat kembali laga ini, akan ada beberapa hal yang seharusnya bisa kami lakukan lebih baik lagi. Kekalahan ini terasa sakit, sangat sakit. Namun kami tersingkir dengan kepala tegak.

“Kami mampu melaju lebih jauh dari apa yang banyak orang perkirakan terhadap tim ini. Sampai saat Kroasia mencetak gol, kami mengendur, tapi kami mampu menunjukkan karakter dengan bangkit kembali tatkala kedudukan berimbang 1-1. Rasanya hebat bisa berada di fase ini [semi-final], kami membuat semua orang bangga, tapi kami terjatuh padahal tinggal sedikit lagi. Ini menyakitkan,” demikian ujar Kane, seperti dikutip ITV.