Keylor Navas Jadi Kiper Terbaik Eropa Tahun 2018

Bukan Alisson Becker, Hugo Lloris atau Danjel Subasic yang dianugerahi penghargaan sebagai penjaga gawang terbaik Eropa tahun ini, melainkan penjaga gawang Real Madrid, Keylor Navas. Ya, secara tak terduga kiper tim Nasional Kosta Rika tersebut terpilih sebagai penjaga gawang terbaik Eropa tahun 2018.

Keylor Navas Jadi Kiper Terbaik Eropa Tahun 2018

Seperti diketahui, UEFA menggelar malam gala penganugerahan penghargaan kepada para pemain terbaik di berbagai kategori, mulai dari pemain terbaik eropa yang jatuh kepada Luka Modric, kemudian penyerang terbaik yang diraih Cristiano Ronaldo, gelandang terbaik yang juga dimenangkan Luka Modric, sementara bek terbaik dimenangkan Sergio Ramos.

Lantas, siapa yang memenangkan penghargaan penjaga gawang terbaik ? Pada awalnya, banyak yang memprediksi Hugo Lloris bakal memenangkan penghargaan tahun ini seteah mengantarkan Tottenham finish di urutan ke-3 pada klasemen akhir Premier League dan mengantarkan Prancis jadi juara piala dunia 2018 kemarin. Atau Danijel Subasic yang berhasil membawa Kroasia ke final Piala dunia.

Tapi, semua prediksi tersebut salah, justru yang memenangkan penghargaan tersebut adalah Keylor Navas, penjaga gawang Real Madrid.

Penghargaan ini sebagai bukti penampilan yang sangat mengesankan bagi Navas di bawah mistar gawang dalam perjalanan tim menjadi juara Liga Champions untuk tiga musim berturut-turut. Navas, yang hanya melewatkan dua pertandingan, tampil 11 kali untuk Real Madrid sepanjang Liga Champions musim lalu, dengan melakukan dua kali clean sheet dan timnya hanya kebobolan 13 gol.

Navas mengawali penampilan musim lalu dengan kemenangan di Piala Super Eropa dan Piala Super Spanyol serta mengakhiri musim dengan memperkuat timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2018. Dengan demikian, semua penghargaan pemain terbaik Eropa tahun ini didominasi pemain Real Madrid. Cristiano Ronaldo mendapat penghargaan tersebut karena mengantar Los Blancos juarai Liga Champions Eropa, kendati saat ini yang bersangkutan telah resmi berkostum Juventus.