Luka Modric Tak Setuju Penggunaan Teknologi Video Assistance

Menurut gelandang Internasional Kroasia tersebut, penggunaan teknologi video dalam dunia sepakbola justru akan menimbulkan banyak kebingungan. Modric mengakui adanya arahan dari Wasit terkait dengan Teknologi tersebut sebelum pertandingan, tapi Modric tak begitu menghiraukan dan dia berharap agar teknologi tersebut tak diterapkan lagi.

Luka Modric Tak Setuju Penggunaan Teknologi Video Assistance

Gelandang Real madrid, Luka Modric, mengaku kurang setuju dengan penerapan teknologi tayangan ulang video dalam pertandingan sepakbola untuk membantu wasit. Hal tersebut dituturkan Modric selepas berhasil membawa timnya meraih kemenangan 2-0 atas Club America di babak semi-final Piala Dunia Antarklub, di Nissan Stadium Yokohama Jepang, Kamis (15/12).

Video Assistant Referee (VAR) adalah teknologi tayangan ulang video untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan. Nah, VAR sendiri memang telah menjadi bahan pembicaraan utama di ajang Piala Dunia Antarklub tahun ini. Turnamen itu merupakan ajang resmi pertama yang menerapkan penggunaan VAR. Ada banyak Pro dan kontra dari penggunaan teknologi tersebut, dan memang, dalam laga itu, VAR Sendiri bekerja dengan baik pada fungsinya.

Adalah gol kedua Real Madrid dalam laga tersebut yang dicetak Cristiano Ronaldo. Awalnya wasit mengesahkan gol tersebut, namun ada potensi Pemain Portugal berada dalam posisi Offside. Pada akhirnya, Wasit kemudian kembali mengubah keputusannya itu dan mengesahkan gol Ronaldo. Hal tersebut terjadi setelah wasit melihat video tayangan ulang yang menunjukkan Ronaldo tidak berada dalam posisi offside.

Memang, teknologi tersebut akhirnya menguntungkan Real Madrid, namun menurut Modric, hal tersebut justru membuat para pemain kebingungan.

“Sebenarnya, Var ini adalah sebuah inovasi terkini, tapi saya tidak menyukainya, dan saya harus berkata jujur. Hal itu menimbulkan banyak kebingungan dan bagi saya itu bukan sepakbola. Di kesempatan lain, kami telah menghadiri pertemuan dengan para wasit untuk mendiskusikan tentang bantuan video tayangan ulang. Saya tidak terlalu mengikutinya karena saya harap itu tidak berlanjut.” ujar Modric di sesi konferensi pers usai laga, seperti dikutip dari Marca, Kamis (15/12).

Leave a Reply