Manchester City Ingin Ikuti Jejak Juventus, Bayern dan Barca

Manchester City mungkin tidak pernah memenangkan trofi Liga Champions Eropa dalam sejarah mereka, dan musim ini raksasa premier League tersebut dipercaya akan menjadikan UCL sebagai target utama. Namun pelatih Pep Guardiola justru menegaskan bahwa target utama tim asuhannya adalah Premier League, meniru langkah klub lain seperti Juventus, Bayern Munchen dan Barcelona.

Manchester City Ingin Ikuti Jejak Juventus, Bayern dan Barca

Dengan besarnya investasi yang dilakukan para pemegang saham klub, tentu saja Manchester City tidak hanya berambisi menguasai Premier League saja, tapi juga menguasai Eropa, sebagaimana kompetisi tahunan tersebut dianggap sebagai kompetisi paling bergengsi di level klub selama ini. Apalagi faktanya, Citizen adalah salah satu raksasa Premier League yang tak pernah memenangkan trofi Liga Champions Eropa.

TIm-tim lain seperti Chelsea, Manchester United, terlebih Liverpool, sudah pernah merasakan trofi tahunan tersebut. Tak heran jika muncul harapan baru dibawah arahan manajer asal Spanyol, Pep Guardiola yang sudah menukangi tim utama Manchester City sejak tahun 2016 lalu. Musim kemarin, dia berhasil mengantarkan Citizen menguasai Premier League, dan dipercaya musim ini target utamanya adalah gelar Liga Champions Eropa.

Namun, mantan pelatih Barcelona itu justru mengatakan bahwa prioritas utama adalah mempertahankan gelar Liga Primer Inggris, mengikuti jejak tim-tim besar Eropa lainnya seperti Juventus, Bayern Munchen dan Barcelona yang telah menguasai Liga tujuh kali dalam 10 tahun terakhir.

“Prioritas pertama adalah Premier League. Itu yang terbaik, Saat saya melihat contoh tiga tim seperti Barcelona, Bayern Munchen dan Juventus yang menjuarai tujuh gelar liga dalam sepuluh tahun, itu menunjukkan pada saya bahwa mereka adalah tim terbaik.” Demikian ujar Guardiola kepada fourfourtwo.

Adapun di klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini, Manchester City duduk di posisi ke-2 dengan tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen, Liverpool.