Menang Atas Argentina Buat Prancis Sangat Percaya Diri

Kiper andalan sekaligus Kapten Tim Nasional Prancis di ajang Piala Euro 2016 kemarin, Hugo Lloris mengungkapkan bahwa kemenangan yang diraih timnya atas Argentina pada babak 16 besar jadi salah satu alasan utama kepercayaan diri Les Bleus menatap laga-laga berikutnya sampai akhirnya ke Final dan berhasil keluar sebagai juara.

Menang Atas Argentina Buat Prancis Sangat Percaya Diri

Sebagaiman diketahui, Tim Nasional Prancis memang sudah difavoritkan sejak awal kompetisi ini, selain karena status mereka sebagai runner up Piala Euro 2016, Les Bleus juga memiliki materi pemain bintang yang berlimpah di semua lini. Mereka pun mengawali turnamen tersebut dengan sangat baik dan finish sebagai pemuncak klasemen group.

Di babak 16 besar, mereka berhadapan dengan Argentina yang sebelumnya finish sebagai runner up group D. Saat itu Prancis lebih dulu unggul, kemudian mereka tertinggal 1-2. Untungnya, tiket ke babak perempat final dimenangkan skuat arahan didier Deschamps setelah mencetak tiga gol balasan, skor akhir 4-3 membuat Prancis melaju ke perempat final.

Pada babak perempat final Prancis menang mudah, 2-0 atas Uruguay, mereka kemudian menyingkirkan Belgia di semifinal dengan skor akhir 1-0. Pada final melawan Kroasia, Tim Ayam Jantan mengklaim trofi Piala dunia usai menang dengan skor akhir 4-2. Disebutkan Kapten Hugo Lloris bahwa awal mula kepercayaan diri tinggi para pemain Prancis adalah setelah meraih kemenangan telak atas Argentina.

Hal tersebut karena timnya bisa menghentikan sosok pemian terbaik dunia, Lionel Messi.

“Kami mendapatkan yang terbaik dari Argentina… Messi-nya Argentina, Ini membuat kami sadar punya potensi untuk terus melaju. Setiap pertandingan terasa sulit, tapi kami menyelesaikannya dengan baik,” lanjutnya.

“Kami bisa merasakan tim yang sangat kuat telah siap untuk tantangan ke depan. Kami menghadapi tantangan demi tantangan setelah pertandingan itu hingga kemenangan di final. Setiap pertandingan terasa berat, tapi kami menunaikan tugas dengan baik,” ujar Lloris kepada Omnisport.

Ini adalah kali kedua bagi Prancis membawa pulang trofi Piala Dunia, setelah tahun 1998 silam saat mengalahkan Brazil dengan skor telak 3-0 di partai final.