Michael Essien Akui Tidak Mudah Berkarir di Indonesia

Mantan bintang Chelsea, Michael Essien pada akhirnya tak melanjutkan karir di Indonesia setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Persib Bandung. Bicara soal karirnya dan sepakbola di Indonesia, mantan penggawa Real Madrid itu mengakui bahwa tak mudah mencapai sukses di Indonesia.

Michael Essien Akui Tidak Mudah Berkarir di Indonesia

Sebagaimana diketahui, pemain asal Nigeria tersebut bergabung dengan Persib Bandung pada awal musim kemarin, dengan kontrakl berdurasi dua tahun yang disepakati kedua pihak. Sebagai salah satu mantan bintang Eropa yang pernah memenangkan banyak penghargaan dan gelar juara di Benua Biru, tentu saja banyak yang diharapkan para suporter persib pada diri Essien.

Namun sayangnya, yang bersangkutan bisa dikatakan telah gagal memenuhi ekspektasi tersebut, seiring dengan kegagalan persib BAndung musim kemarin. Dari 29 pertandingan yang telah dia mainkan bersama dengan Maung Bandung musim kemarin, pemain asal Ghana ini hanya mampu mencetak lima gol saja.

Karenanya, Persib Bandung kemudian memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan kerja sama bersama dengan mantan pemain Chlesea itu. Dan kepada Ghana Soccernet, Essien mengakui bahwa tidak mudah untuk bisa sukses berkarir di Indonesia, karena segalanya aspeknya sangat berbeda dibandingkan sepakbola di Eropa.

“Saya merasa cukup menikmati musim pertama saya di sana [Indonesia]. Itu bukan tempat yang mudah [untuk berkarir],”

“Segala sesuatunya berbeda, tidak bisa dibandingkan sama sekali dengan di Eropa. Kami melakukan perjalanan jauh untuk melakoni pertandingan. Itu tidak mudah, tapi mereka sangat fanatik kepada sepakbola. Hampir di setiap pertandingan stadion selalu penuh. Mereka [suporter] sangat berisik, dan itu membuat saya cukup menikmati karir di sana.” ujar Essien dalam wawancaranya dengan program Premier League Today diwartakan Ghana Soccernet.