Neuer Akhirnya Bicara Soal Keputusan Ozil Pensiun dari Timnas Jerman

Penjaga gawang andalan Bayern Munchen dan Tim Nasional Jerman, Manuel Neuer akhirnya angkat bicara mengenai keputusan Mesut Ozil untuk pensiun dari pentas Internasional, sebagaimana hal tersebut memang jadi perbincangan hangat belakangan ini. Yang bersangkutan mengaku legowo terhadap keputusan pemain Arsenal tersebut.

Neuer Akhirnya Bicara Soal Keputusan Ozil Pensiun dari Timnas Jerman

Sebagaimana diketahui, Mesut Ozil memang telah resmi memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun dari Tim Nasional Jerman beberapa waktu lalu. Keputusan tersebut sendiri didasari oleh kritik, tekanan, tudingan, dan kecaman yang diterima pemain Arsenal selama satu bulan terakhir ini, menyusul beredarnya foto saat dirinya berpose dengan Presiden Turki, Edorgan.

Ozil yang hanya berpose biasa dengan Orang Nomor Satu di Turki itu dalam sebuah acara amal di London, dinilai publik jerman sebagai aksi propaganda politik, mengingat darah Turki yang mengalir dalam diri sang pemain. Sejak saat itu, Ozil selalu jadi sasaran kritik, bahkan kegagalan Jerman di Piala DUnia 2018 kemarin juga dianggap karena penampilan buruk eks Pemain Real Madrid.

Tak ayal, meski sudah memutuskan pensiun, Ozil tetap jadi sasaran kritik, dan menurut Kapten Manuel Neuer kritik tersebut tidak akan ditujukan kepada Ozil andai Jerman bisa melangkah jauh di ajang Piala Dunia 2018 kemarin.

“Jika mereka berdua [Ozil dan Gundogan] atau semua pemain tampil bagus di Piala Dunia, kita tidak akan berdiri di sini dan membicarakan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, kiper andalan Bayern Munchen tersebut mengaku tidak kecewa dengan keputusan Ozil meninggalkan Tim nasional Jerman, karena menurut Neuer itu adalah keputusan individu sang pemain, dan lumrah terjadi dalam dunia sepakbola. Terlebih faktanya, Ozil juga telah memenangkan titel Piala Dunia di tahun 2014 silam.

“Ini keputusan individu pemain. Ketika pemain lain mengatakan ia ingin [pensiun], itu keputusannya. Anda harus mencari alasan pada diri sendiri kemudian dalam hal ini, ia menemukannya. Kami tentu saja menerima keputusan dia.”

“Di masa lalu pemain lain juga menyudahi karier mereka di timnas setelah turnamen seperti Piala Eropa atau Piala Dunia.” tandasnya.