Pekerman Akui Kartu Merah Cepat Benamkan Kolombia

Tim Nasional Kolombia yang digadang-gadang jadi salah satu tim favorit pada ajang Piala dunia 2018 ini secara mengejutkan telan kekalahan dalam pertandingan perdana mereka melawan Kepang, Selasa malam (19/6). Terkait kekalahan tersebut, pelatih Jose Pekerman kemudian angkat bicara.

Pekerman Akui Kartu Merah Cepat Benamkan Kolombia

Kolombia memang tergabung dalam group H bersama dengan Polandia, Jepang dan Senegal. Sebagai salah satu tim bertabur bintang, tentu saja skuat arahan Jose Pekerman lebih diungguilkan ketimbang Jepang maupun Senegal untuk melaju ke fase gugur. Mereka juga diprediksi akan menang dalam laga pembuka melawan Jepang.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, Tim nasional Jepang berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor akhir 1-2. Kekalahan Kolombia tak terlepas dari penalti yang didapat Carlos Sanchez pada awal babak pertama, atau tepatnya pada menit ke-3.

Penalti Keisuke Honda di menit ke-6 membawa Jepang unggul 0-1. Kolombia sempat menyamakan kedudukan di babak kedua namun sayangnya gol Yuya Osako membuat tim arahan Jose Pekerman ini harus mengakhiri laga dengan tangan kosong. Ya, Jepang berhasil menang dengan skor 2-1. Bicara soal kekalaan tersebut, pelatih Kolombia Jose Pekerman mengakui bahwa kartu merah Carlos Sanchez adala penyebab utama kekalahan timnya.

“Sungguh sulit untuk kehilangan satu pemain [pada waktu yang] begitu dini. Apalagi jika pemain itu berarti penting,” buka Pekerman, seperti dilansir laman resmi FIFA.

“Walau begitu, kami mampu bangkit pada paruh kedua. Sayangnya, dengan Jepang memiliki pemain yang lebih banyak, sangatlah sulit untuk menjaga penguasaan bola,” tandasnya kecewa.

Hasil ini membuat Kolombia haram untuk kembali terpuruk dalam dua duel lanjutan di Grup H, hadapi Polandia dan Senegal. Pasalnya, mereka berada di peringkat terbawah pada klasemen sementara bersama Polandia yang pada saat bersamaan juga telan kekalahan dengan skor 1-2 dari Senegal.