Pelatih Timnas Swiss Bantah Berniat Celakai Neymar

Laga antara Swiss melawan Brazil pada partai pembuka Group E Piala dunia 2018 masih menyisakan kekecewaan dan cerita. Bintang utama brazil, Neymar disebut-sebut jadi sasaran utama para pemain Swiss untuk dicederai sepanjang laga tersebut, namun hal ini dibantah tegas oleh pelatih Swiss, Vladimir Petkovic.

Pelatih Timnas Swiss Bantah Berniat Celakai Neymar

Sebagaimana diketahui, Tim Nasional Swiss memang tidak diunggulkan menang dalam pertandingan melawan Brazil di laga pembuka group H. Pasalnya, skuat arahan Tite di atas kertas jauh lebih unggul. Namun, pada akhirnya Swiss berhasil menahan imbang Tim Sama dengan skor akhir 1-1.

Mungkin salah satu kunci sukses mereka menahan imbang Tim Samba adalah karena mampu menghentikan pergerakan bintang utama Brazil, Neymar jr. Cara yang diperagakan Swiss sendiri tidak bisa dibilang bagus, pasalnya beberapa kali bintang Paris Saint-Germain tersebut dilanggar, bahkan terdengar kabar bahwa Neymar mengalami cedera yang membuatnya tidak bisa mengikuti sesi latihan bersama Tim Samba.

Entah benar atau tidak kabar ini, yang jelas banyak pihak yang menyalahkan Timnas Swiss. Tidak sedikit juga yang menuding mereka memang sengaja melukai Neymar. Namun hal tersebut sendiri kemudian dibantah tegas oleh pelatih Vladimir Petkovic.

“Tidak, kami tidak ingin melukainya. Mayoritas duel yang terjadi adalah duel bersih dan situasinya adalah duel satu lawan satu dari Neymar. Salah satu kunci kami meraih hasil imbang melawan Brasil adalah menetralisir Neymar. Namun Brasil memiliki banyak pemain berkualitas dan mereka menunjukan itu di atas lapangan.

“Memang itu [mengawal Neymar] adalah strategi kami. Saya senang pemain kami bermain dengan disiplin dan melakukan segala sesuatu untuk menghentikannya, yang mana itu penting dalam situasi satu lawan satu dan juga secara kolektfi saat menghentikan lawan. Kami sempat tidak bisa mengimplementasikan taktik kami di babak pertama, sehingga Brasil terus mengancam kami.” ujar Petkovic dalam sesi konferensi pers.