Pemecatan Lopetegui Bukan Solusi Yang Bagus Bagi Madrid

Menyusul serangkaian hasil negatif yang didapat Real Madrid, muncul wacana pemecatan Julen Lopetegui dari kursi manajer selama beberapa hari terakhir ini. Terkait dengan spekulasi itu, Kapten Sergio Ramos mengaku enggan bicara banyak, karena bukan urusan pemain. Tapi menurutnya, memecat pelatih bukanlah solusi yang bagus di saat-saat seperti ini.

Pemecatan Lopetegui Bukan Solusi Yang Bagus Bagi Madrid

Memang harus diakui, Real Madrid mencatat serangkaian hasil mengecewakan dalam beberapa pekan terakhir. Setelah terakhir kali menang melawan Espanyol dengan skor tipis 1-0, Los Blancos tak pernah lagi meraih kemenangan, bahkan mereka tak pernah mencetak gol. Pertama, takluk di markas Sevilla dengan skor akhir 0-3, kemudian tertahan imbang tanpa gol dalam laga derby Madrid di Santiago Bernabeu tiga hari berselang.

Selanjutnya, Real Madrid secara mengejutkan kalah di markas CSKA Moscow pada pertandingan fase Group Liga Champions Eropa dengan skor 0-1. Dan yang terkini , sang juara bertahan Liga Champions Eropa ini ditaklukan Deportivo Alaves lewat skor akhir 0-1. Dengan melalui empat laga terakhir tanpa mencetak gol, artinya Real Madrid mengulang rekor kemandulan terburuk mereka yang pernah terjadi terakhir kali di tahun 1985 silam.

Jelas, satu-satunya pihak yang dianggap bertanggung jawab adalah pelatih Julen Lopetegui. Wajar jika kemudian muncul wacana pemecatan mantan pelatih timnas Spanyol itu dari Kursi manajer, namun kapten Sergio Ramos tak melihat itu sebagai solusi yang tepat.

“Ada orang lain yang membuat keputusan-keputusan itu, ini bukan bagian dari peran pemain. Untuk sebuah skuat, tidak pernah bagus mengganti pelatih. Ini tidak ada di tangan kami. Ini bakal jadi keputusan gila, tim ini sedang berjuang untuk posisi atas. Kami harus tetap membumi, lebih tenang dan berusaha membalikkan keadaan.”

“Setiap orang akan memiliki opini mereka sendiri. Ada waktu ketika perubahan lebih baik, dan yang lain tidak, Anda tidak pernah tahu. Terlalu dini bicara mengenai pergantian pelatih. Ini bukan urusan pemain, orang lain harus mengambil keputusan itu.” kata Ramos.