Pep Guardiola Bangun Dinasti Sendiri di Manchester City

Salah seorang mantan bek Chelsea, Joleon Lescott memiliki keyakinan bahwa manajer asal Spanyol, Pep Guardiola berpeluang menjadi Sir Alex Ferguson bagi Manchester City. Menurut Lescott, mantan pelatih Barcelona ini telah membangun dinastinya sendiri di Manchester City, tapi warisannya tidak akan diukur hanya berdasar prestasi semata.

Pep Guardiola Bangun Dinasti Sendiri di Manchester City

Seperti diketahui, Pep Guardiola mulai menangani Manchester City sejak musim panas tahun 2016 lalu. Saat itu, manajer asal Spanyol memang berstatus Free transfer setelah kontraknya dengan Bayern Munchen berakhir. Pada awalnya, Pep sempat kesulitan, namun hasilnya tak begitu mengecewakan karena faktanya Manchester City mampu finis di peringkat ke-2 pada klasemen akhir Premier League.

Prestasi baru diukir Pep Guardiola pada musim keduanya atau musim kemarin, dimana dia mengantarkan Citizen kembali memenangkan trofi Liga Primer Inggris, dan Piala Liga Inggris. Musim ini, Manchester City arahannya mencatatkan awalan musim yang bagus, dengan berada di puncak klasemen dan mengumpulkan 19 poin sejauh ini. Lescott sendiri percaya bahwa Pep Guardiola nantinya akan dibanding-bandingkan dengan pelatih Legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Akan tetapi, warisannya di klub tidak dikenang karena prestasi, tapi tentang seberapa lama dia menukangi klub tersebut, seperti yang dilakukan Sir Alex di Manchester United.

“Saya pikir Pep Guardiola telah mulai membangun warisan di Manchester City yang suatu hari nanti dibandingkan dengan apa yang Sir Alex Ferguson lakukan di Manchester United. Guardiola telah meninggalkan warisan di Liga primer dengan rekor yang ia pecahkan dan gaya bermain yang ia bawa ke Inggris. Namun secara keseluruhan, warisan dia akan tergantung pada lamanya periode sang pelatih bukan jumlah trofi yang ia menangkan.”

“Ada banyak tekanan pada Guardiola ketika ia tiba dan ia gagal memenuhi ekspektasi di musim pertamanya namun ia dengan cepat menyadari peningkatan yang ia butuhkan dan Manchester City benar-benar mendominasi tahun lalu.” kata Lescott.