Pep Guardiola Tegaskan Tak Bakal Ubah Filosofinya

Musim debut Pep Guardiola di ajang premier League diwarnai dengan kritikan dan saran dari sejumlah pihak, agar manajer asal Catalan tersebut mengubah filosofi bermainnya demi menyesuaikan diri dengan gaya bermain sepakbola Inggris. Tapi, eks pelatih Barca berkeras bahwa dia bakal tetap berpegang teguh pada filosofinya selama ini.

Pep Guardiola Tegaskan Tak Bakal Ubah Filosofinya

Seperti diketahui, Pep guardiola ditunjuk untuk menjadi pelatih Manchester City sejak musim panas tahun lalu. Dia memang terlihat kesulitan dengan sepakbola Inggris, dan meski pada akhirnya berhasil finish pada peringkat ketiga di klasemen akhir, Pep tetap disarankan untuk mengubah gaya bermain tim arahannya musim depan.

Dengan filosofinya selama ini, Pep memang telah memenangkan banyak gelar bersama dengan dua klub sebelumnya yang dia tangani, Barcelona dan Bayern munchen. Akan tetapi, dengan filosofi yang sama di Premier League, pep bahkan tak bisa mempersembahkan satu gelar pun kepada tim asuhannya, Manchester City. Namun demikian, dia tetap akan berpegang teguh pada filosofi yang dia usung tersebut.
“Semua orang bilang, ‘Kamu perlu berubah’. Dan saya menjawab, saya tidak akan berubah, karena saya tak tahu bagaimana caranya melakukan ini dengan cara lain. Saya tidak merasa itu perlu. Di sini, seperti di tempat lainnya, ada 11 pemain melawan 11 dan di dalam dimensi yang sama. Perbedaannya hanya wasit membiarkan tim terus bermain dan itu membuat semuanya jadi lebih seimbang.”

“Aksi yang di tempat lain dianggap pelanggaran, tidak dianggap seperti itu di sini. Dan ada serangan balik. Memang benar bahwa ada enam tim dengan potensi ekonomi yang besar, semua orang bisa menang dan tim kecil menyeimbangkan persaingan dengan permainan langsung mereka. Namun saya masih berpikir anda akan menang jika anda bermain bagus.” Demikian ujar Pep Guardiola kepada L’Esportiu.

Di Manchester city, Pep didukung kekuatan finansial melimpah, dia akan dicocol dengan para pemain bintang pada bursa transfer musim panas tahun ini.