Pep Guardiola Terima Tuntutan Dari Pihak FA

Pelatih Manchester City bakal tetap mengenakan pita kuning, meski sudah mendapat peringatan dari Asosiasi Sepakbola Inggris (FA). Bahkan, mantan pelatih Barcelona tersebut siap menerima tuntutan dari FA terkait dengan aksinya itu.

Pep Guardiola Terima Tuntutan Dari Pihak FA

Seperti diketahui, belakangan ini ada yang berbeda dari penampilan Pep Guardiola saat menemani Manchester City di sisi lapangan. Dalam beberapa pertandingan terakhir, Pep terlihat selalu menyematkan pita kuning pada bagian sakunya , entah saat mengenakan jaket, kemeja atau kaos oblong kala menemani tim asuhannya di sisi lapangan.

Diketahui, Pita kuning tersebut adalah bentuk protes dan aksi solidaritas untuk dua orang pemuda yang ditangkap dan dipenjarakan pemerintah Spanyol terkait aksi Demo Referendum Catalunya beberapa waktu lalu. Karena dinilai aksinya ini berbau politik, FA pun selaku Asosiasi Sepakbola Inggris kemudian melayangkan peringatan kepada Pep Guardiola.

Dakwaan yang diberikan rupanya tak membuat mantan pelatih Bayern Munchen tersebut merasa jera, pasalnya Pep terlihat tetap mengenakan badge pita kuning seperti biasanya. Tentu saja, hal tersebut berpotensi membuahkan sanksi bagi sang manajer, namun kabar terkini mengklaim bahwa Guardiola siap menerima tuntutan apapun yang menghampirinya.

Menurut sumber ESPN FC, Guardiola akan mematuhi peraturan negara tempat ia bekerja, namun akan terus menggunakan pita kuning tersebut sebelum dan sesudah pertandingan sebagaimana diizinkan dalam peraturan.

Ia memiliki waktu hingga pukul 6 pm pada Senin waktu setempat untuk merespons tuduhan melanggar peraturan periklanan, dan sekarang berpeluang mendapat denda setelah sidang.

Guardiola, yang mendukung referendum kemerdekaan Catalunya dari Spanyol, memakai pita kuning sebagai bentuk solidaritas kepada Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart, dua politisi yang ditahan aparat keamanan Spanyol pada Oktober tahun lalu.