Roberto Martinez Angkat Bicara Soal Isu Tangani Spanyol

Seiring dengan kegagalan Tim Nasional Spanyol di Pentas Piala Dunia tahun ini, muncul isu pemecatan Fernando Hierro dari Kursi manajer. Dengan begitu juga, muncul sejumlah nama yang dipercaya akan jadi juru taktik anyar La Furia Roja, salah satunya adalah Roberto Martinez. Terkait hal ini, mantan pelatih Everton kemudian angkat bicara.

Roberto Martinez Angkat Bicara Soal Isu Tangani Spanyol

Seperti diketahui, Spanyol pada awalnya didapuk jadi salah satu tim favorit di Rusia, setelah mereka menampilkan performa yang apik di sepanjang babak kualifikasi. Tapi itu saat masih bekerja dibawah arahan manajer julen Lopetegui. Pasalnya, Lopetegui sendiri kemudian didepak dari Kursi pelatih jelang dua hari saja sebelum Piala dunia dimulai.

Pemecatan tersebut kemudian membuat publik mulai meragukan peluang tim Matador pada Piala Dunia 2018 ini, apalagi RFEF secara mengejutkan menunjuk Fernando hierro yang sebelumnya menangani Tim Muda mereka. Benar saja, Spanyol tampil kurang bagus di babak penyisihan group. Kendati faktanya mereka finish sebagai pemuncak klasemen, namun La Furia Roja hanya mengemas satu kemengan saja di babak penyisihan group, dengan dua pertandingan lain berakhir dengan skor imbang.

Pada babak 16 besar, Spanyol kemudian dihadapkan dengan Rusia, di atas kertas, mereka jelas diunggulkan, namun diluar dugaan, Spanyol tersungkur lewat drama adu penalti. Akhirnya, Tim matador benar-benar angkat koper. Kegagalan inilah yang memunculkan isu pemecatan Fernando Hierro dari kursi manajer.

Seiring dengannya, muncul juga nama-nama pelatih yang dipercaya akan jadi pengganti Hierro, salah satunya adalah Roberto Martinez. Mantan pelatih Everton ini memang merupakan pelatih berkebangsaan spanyol namun saat ini dia masih berstatus sebagai pelatih timnas belgia. Karena statusnya tersebut, Roberto Martinez pun menegaskan bahwa fokusnya kini adalah bersama Timnas Belgia.

“Saya paham soal pertanyaan itu. Itu adalah bagian dari pekerjaan Anda [para wartawan] dan Anda harus menanyakannya, Namun satu-satunya hal terpenting sekarang ini adalah babak perempat-final Piala Dunia. Jika Anda melihat satu pertandingan yang Anda inginkan di Piala Dunia, itu adalah melawan Brasil.”

“Dalam kaitan gairah, kualitas, mentalitas pemenang, seperti yang kalian bisa bayangkan, satu-satunya hal terpenting adalah Brasil dan perempat-final.” kata Martinez di sesi konferensi pers.