Singkirkan Maroko, Pelatih Portugal Masih Belum Puas

Tim Nasional Portugal berhasil meraih kemenangan atas Maroko pada matchdays ke-2 Group D. Kemenangan tersebut kian membuka lebar peluang Seleccao untuk melangkah ke babak 16 besar, namun fakta tersebut tak serta merta membuat pelatih Fernando Santos merasa puas.

Singkirkan Maroko, Pelatih Portugal Masih Belum Puas

Pada matchdays pertama , Portugal nyaris kalah dari Spanyol, setelah tertinggal dengan skor 3-2, untungnya Cristiano Ronaldo jadi pahlawan dalam partai tersebut dengan melengkapi catatan golnya menjadi tiga gol lewat tendangan bebas di menit akhir pertandingan. Portugal selamat, meski tak menang, mereka setidaknya meraih satu poin dari laga krusial tersebut.

Sedangkan di laga kedua melawan Maroko, Portugal unggul cepat lewat gol Cristiano Ronaldo di menit ke-3. Kedudukan tersebut tak berubah sampai akir laga, dan harus diakui Portugal dibuat repot oleh Tim Singa Atlas. Maroko menguasai 55 persen penguasaan bola sepanjang pertandingan, bahkan melepas 15 tembakan ke gawang.

Sedangkan Portugal sendiri hanya mengandalkan serangan balik, sama seperti saat mereka berhadapan dengan Timnas Spanyol di laga pertama. Hal tersebut lantas membuat pelatih Fernando Santos merasa kesal dengan performa para pemainnya.

“Kami harus memperhatikan dan membicarakan soal pertandingan ini. Kami kehilangan kendali dalam pertandingan, terutama setelah mencetak gol. Dari sana, kami lantas kehilangan kepercayaan diri,”

“Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan. Saat Anda tidak bisa menguasai bola ketika melawan pemain-pemain dengan tipikal seperti yang ditunjukkan oleh Maroko, mereka akan membuat Anda tertekan dan lelah, kemudian Anda akan berada dalam masalah,” lanjutnya.

“Inilah Piala Dunia. Kami adalah tim yang kuat, begitu pula dengan Maroko. Kami harus terus berkembang. Kami baik dalam bertahan dan bermain dengan baik, tapi kami butuh lebih dari itu. Kami harus berubah dan lebih banyak menguasai bola,” kata Santos, seperti dikutip laman resmi FIFA.

Portugal perlu satu poin saja dalam laga pamungkas mereka melawan Iran untuk memastikan tiket ke babak 16 besar.