Skorsing Tiga Pertandingan Eropa Untuk Gianluigi Buffon

Komisi Disiplin UEFA telah melakukan penyelidikan terkait dengan aksi protes keras dan komentar pedas yang dilakukan mantan Kiper Juventus, Gianluigi Buffon dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions Eropa kemarin. Buffon terbukti bersalah dan dijatuhi sanksi berupa larangan bermain di tiga pertandingan Eropa.

Skorsing Tiga Pertandingan Eropa Untuk Gianluigi Buffon

Sebagaimana diketahui, Buffon memang sempat melakukan protes keras terhadap Wasit Mike Oliver di akhir pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions Eropa musim kemarin melawan Real Madrid. Kapten Juventus itu tidak setuju dengan pendapat sang Pengadil yang menunjuk titik putih penalti akibat dorongan yang dilakukan Medhi Benatia terhadap Lucas Vazques.

Bahkan, selepas pertandingan Buffon juga melayangkan kecaman nan kritikan pedas kepada wasit asal Inggris, menyebutnya sebagai pria yang tak punya hati. Beberapa pihak menilai bahwa reaksi Buffon itu wajar, mengingat Juventus sudah berada di ambang Comeback yang sebelumnya tak pernah diduga siapapun setelah takluk 3-0 di Turin pada leg pertama.

Kendati demikian, tindakan Legenda Italia itu tetap tidak mendapatkan toleransi dari pihak Komdis UEFA. Dan setelah penyelidikan Dilakukan, Buffon pun resmi dijatuhi sanksi skorsing tiga pertandingan.

“Komisi disiplin UEFA memutuskan untuk menghukum pemain Juventus Football Club, Gianluigi Buffon, untuk [skorsing] tiga pertandingan di tiga partai kompetisi UEFA. Dia dihukum atas pelanggaran pada pasal 15 [kartu merah langsung] dan pasal 11 ayat 2 [perilaku buruk secara umum],” rilis laman resmi UEFA.

Hukuman tersebut takkan lagi berpengaruh jika Buffon memutuskan gantung sepatu. Namun bila akhirnya bergabung dengan Paris Saint-Germain sesuai rumor kencang yang beredar, legenda 40 tahun itu takkan boleh dimainkan pada putaran pertama babak fase grup Liga Champions musim depan.

Buffon sendiri sebenarnya sudah meminta maaf, namun hal tersebut tentu tak mengubah proses hukum yang harus tetap berjalan. Sementara masa depan sang pemain saat ini masih ramai diperbincangkan, ada yang mengklaim bahwa Buffon akan merapat ke PSG musim depan.