Spanyol Tetap Favorit di Piala Dunia 2018

Tim Nasional Spanyol diragukan bisa melangkah jauh pada pentas Piala dunia 2018 ini, setelah mendapati hasil yang kurang memuaskan dalam dua laga fase Group. Namun, pelatih fisik Timnas Indonesia U-23, Miguel Gandia berpendapat bahwa La Furia Roja sejatinya masih merupakan favorit juara di Rusia nanti.

Spanyol Tetap Favorit di Piala Dunia 2018

Seperti diketahui, Tim Nasional Spanyol memang bermaterikan pemain-pemain bintang di setiap lini, dari belakang sampai ke depan. Namun fakta tersebut tak lantas menjamin mereka bisa melangkah jauh di pentas Piala dunia 2018 yang penuh dengan tantangan berat.

Buktinya, pada pertandingan pertama fase group melawan Portugal, Spanyol hanya berhasil meraih satu poin dari hasil imbang 3-3. Sedangkan pertandingan kedua melawan Iran dimenangkan secara ‘tidak sengaja’ dengan skor akhir 1-0. Empat poin yang diraih memang membuat Spanyol berada di puncak klasemen sementara Group B, tapi hanya unggul selisih gol saja dari Portugal, dan satu poin dari Iran yang berada di peringkat ke-2.

Itu artinya, Spanyol masih membutuhkan satu poin di partai terakhir fase Group melawan Maroko untuk memastikan tiket ke babak 16 besar. Dengan kata lain, Spanyol sendiri cukup kesulitan untuk bisa lolos dari fase group. Namun demikian, Miguel Gandia memiliki keyakinan bahwa La furia Roja sejatinya tetaplah salah satu favorit juara di Rusia.

“Spanyol tim besar mereka sudah lama bersama dan sudah jelas mereka favorit juara sama seperti Jerman, Brasil, Argentina. Jadi empat tim itu yang kuat,” ucap Gandia di Lapangan ABC Senayan, Kamis (21/6).

Lebih lanjut, Gandia menilai, pergantian pelatih yang secara mengejutkan dilakukan RFEF jelang dua hari sebelum turnamen digelar sama sekali tak mempengaruhi performa para pemain timnas Spanyol.

“Ini cara saya berpikir, ini pendapat saya bahwa tidak ada pengaruh pergantian pelatih, karena 80 persen sepakbola adalah pemain bola itu sendiri,” ujar sosok berpaspor Spanyol itu.